Senin, 17 Maret 2008

Mengaktifkan UDMA pada Windows 98

Mengaktifkan UDMA pada Windows 98


Meningkatkan Kinerja Harddisk

Harddisk yang beredar dipasaran sudah siap dengan DMA33 bahkan sudah dapat bekerja pada DMA66 Bila computer baru yang maka sebaiknya periksa fungsi DMA, apakah sudah terinstall, sebab kebanyakan PC baru tidak melakukan setting ini, atau pihak penjual memang melupakan hal ini.

Dibawah ini step untuk melakukan pengaktifan DMA. Tahap pertama Click START dan clik SETTING dan pilih CONTROL PANEL Pada Icon di CONTROL PANEL pilih setting untuk SYSTEM

Masuk kedalam menu DEVICE MANAGER dan pilih Generic Harddisk. Pilih harddisk yang terpasang pada daftar DEVICE MANAGER dan pilih pada Properties

Pilih SETTINGS dan CHECK pada DMA untuk mengaktifkan DMA pada harddisk tersebut. Dan reboot kembalik komputer

Mengaktifkan DMA untuk harddisk yang mengunakan Controller UDMA/66

Untuk menginstalasi harddisk pada UDMA/66 berbeda dengan UDMA/33. Beberapa motherboard mengunakan sistem controller yang berbeda-beda. Umumnya ada 3 chipset yang dapat dibedakan :

Chipset Controller

Cara menginstall

HighPoint

Pada UDMA/66 yang mengunakan HIghPoint chip set, maka harus menginstall dengan driver dari Highpoint.

i820

Pada computer yang mengunakan i820 Chipset cara menginstalasi sama dengan diatas tetapi dengan menambahkan driver dari software Intel

VIA APOLLO

Pada VIA chipset diharuskan menginstall dengan driver 4-1 VIA driver

Contoh cara kerja External Harddisk Controller

Pada motherboard yang sudah memiliki UDMA/66 atau ATA/66 umumnya memiliki chip set tersendiri . Sebagai contoh disini adalah Controller dari Highpoint. Cara kerja controller harddisk pada motherboard pengolahan data dari harddisk ke processor melalui memory computer. Selanjutnya data dari memory diambil ke processor .

Processing Harddisk tanpa DMA

Pada penerapan teknologi Highpoint chipset, mengunakan Direct Memory Access (DMA) langsung tanpa memindahkan data ke processor. Sehingga proses pada utilitas (pengerjaan) di processor computer menjadi lebih kecil. Dengan demikian kecepatan pada harddisk dalam mentranfer data akan sangat cepat dan pengunaan processor dapat akan semakin kecil (1-5% tergantung kecepatan processor dan harddisk).

Processing Harddisk dengan DMA

Perbandingan kecepatan pada harddisk DMA/33 dan DMA/66

Pengujian dengan BX-440 motherboard, peningkatan kecepatan pada mengkatifkan dengan DMA mencapai 11MB/sec. Dengan External Chip controller harddisk pada Highpoint juga akan mengurangi Utilitas pada CPU, karena CPU hanya mengatur perintah pada harddisk dan harddisk langsung mengirim data ke memory tanpa melalui processor. Kemapuan ini adalah dengan menambahkan setting pada DMA (Direct Memory Access) di Windows 98.

Setting

Quantum 6GB/33CE

Quantum 13GB/66CX

Tanpa mengaktifkan UDMA

6423

6247

Mengunakan UDMA/33

9072

10233

Mengukanan UDMA/66 dari Highpoint

9363

11143

0 komentar: